Minggu, 03 September 2017

Kisah Nyata..Manfaat Daun Nangka yang Luar Biasa

     Dua bulan yang lalu, lutut saya sakit, apalagi dari posisi duduk ke posisi berdiri...lumayan sakitnya. Saya tidak tahu apa penyebabnya.....Saya ingat cerita tetangga, pernah mengalami seperti yang saya rasakan. Dia harus konsumsi suplemen herbal kalsium untuk penyembuhan..

     Saat ini saya memang sedang menyusui, mungkin barangkali tidak sesuai dengan nutrisi yang masuk, sehingga tubuh ini harus mencuri kalsium dari tulang untuk kebutuhan metabolisme tubuh.

     Saya terkenang kembali ketika saya melahirkan anak pertama, mama saya menyarankan saya untuk meminum seduhan daun nangka katanya bagus untuk ibu menyusui. Langsung saya ambil daun nangka 10 lembar, kemudian merebus air 1,5 liter sampai mendidih. masukkan daun nangka tutup wadah, biarkan sampai suhu bisa untuk di minum.  Minum 3 x 1 hari...Puji Tuhan sekarang lutut saya sudah membaik..luar biasa. Sampai sekarang saya masih konsumsi daun nangka.


     Mari kita intip satu persatu manfaat daun nangka:
 1. Mencegah osteoporosis
     daun nangka kaya akan kalsium, kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.
2. Obat diabetes
3. Bersifat anti kanker
4. Meningkatkan daya tahan tubuh dan awet muda
    Daun nangka mengandung anti oksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh kita.
5. Melancarkan ASI bagi ibu menyusui
6. Melancarkan sirkulasi darah

     Nah...banyak manfaat dari daun nangka, tidak susah didapat dan rasanya juga tidak pahit. Hidup sehat itu gak mahal secara materi kok, mahal karena butuh ketelatenan dan rajin.

SELAMAT MENCOBA

    

Kamis, 11 Mei 2017

Resep Sederhana Tapi Ampuh Menurunkan Panas Demam.





     Jaman sekarang ini, kalau anak demam, seorang ibu tanpa pikir panjang langsung memberi obat penurun panas sama anaknya...hehehe..setelah itu ambil smartphone cetrekk fotoin anak..posting di sosmed "cepat sembuh ya nak...."  pasti pembaca senyum nih..tapi itulah kenyataannya. Jarang ibu-ibu melirik ke dapur gudangnya rempah dan bumbu masakan....Itu dapat kita mamfaatkan untuk mendapatkan obat demam alami, tanpa efek samping.

 
     Menurut dokter, demam anak 37.5 derajat celcius boleh diberi penurun panas..kalau tidak, bisa merusak hati..berarti bahaya dong! kalau begitu jauh lebih aman obat herbal...pastinyaaa. Saya sendiri masih lebih mengutamakan pemakaian obat alami daripada obat kimia. Tapi saat-saat emergency tetap memakai obat kimia misalnya dalam perjalanan..Puji Tuhan pasti cepat turun panasnya. Mungkin karena makainya sekali-sekali ya..

      Waktu kecil, saya ingat betul gimana mama saya merawat saya kalau lagi demam. gak pernah berlarut-larut  besoknya pasti sudah sembuh dan bisa masuk sekolah. Nih bahan-bahannya, sederhana tapi sangat mujarab...jahe 1 jari di keprek, 5 siung bawang merah keprek atau injak aja pake tumit, praktis kan..? 5 lembar daun sirih diremas-remas.  Taruh di piring campur dengan minyak goreng kalau ada minyak kelapa bolehh..beri perasan jeruk nipis, lalu dibalurkan keseluruh tubuh dengan pijatan ringan. besoknya pasti sembuh. hehehe..jangan lupa berdoa pastinyaa..
     Itulah saya praktekkan sama anak-anak saya, demamnya cepat kaburrr...Mungkin daun sirih agak susah ya, tapi bisa diganti dengan tetesan minyak kayu putih...dua-duanya sama-sama mengandung minyak astiri. jadi bisa dipilih yang praktis. Karena saya pencinta obat alami..daun sirih ada diapotik hidup depan rumah saya hehehe tanam dalam pot masalahnya pekarangan sempit pit pit..

     Buat sahabat ibu-ibu..boleh dipraktekkan cara alami menurunkan deman..aman untuk kesehatan kedepannya......sampai jumpa...!        


Senin, 27 Maret 2017

Waow..Ternyata Khasiat Cabe Rawit Luar Biasa.......

     Saya tidak bisa lepas dari cabe rawit, rata-rata masyarakat indonesia suka makanan pedas. Diantara varietas cabe, cabe rawitlah yang paling pedas, sehingga banyak orang memilih cabe rawit sebagai raja bumbu yang tidak boleh ketinggalan disetiap masakan. cabe rawit mengandung zat capcaisin paling banyak diantara varietas cabe lainnya. rasa pedas berasal dari zat capsaicin tersebut.

     Secara awam, banyak orang berpendapat rasa pedas menambah selera makan. Namun dibalik itu banyak khasiat cabe rawit yang tidak terduga oleh kita. Saya yakin, rata-rata suka sama cabe rawit bukan kaerna mengetahui khasiatnya, tapi karena rasa pedasnya yang superduperrrr....Hasil gambar untuk gambar cabe rawit

      Sahabat indonesiaku....mari kita ulik-ulik khasiat cabe rawit yang kita gemari:
1. Menambah nafsu makan.
Capcaicin merangsang produksi hormon endophin yang bisa menimbulkan rasa nikmat.

2. Menurunkan kolesterol
Cabe rawit membakar kalori dalam tubuh sehingga kadar kolesterol didalam tubuh berkurang.

3. Untuk awet muda
Cabe rawit mengandung antioksidan, yaitu betakaroten dan vitamin C yang mampu memperlambat penuaan.

4. Mengobati flu dan filek
Seringkali kita waktu filek dianjurkan makan pedas karena capcaisin mampu mngencerkan lendir (ingus).

5. Mencegah penyakit kanker
Capcaisin membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.

6. Membuat jantung sehat
Cabe rawit melancarkan aliran darah ditubuh kita.

7. Mengobati nyeri sendi
Capcaisin juga dapat meredakan kejang otot dan nyeri sendi.

8. Anti inflamasi (peradangan)
Membantu menyembuhkan luka karena memiliki sifat anti jamur.

     Saya sangat bersyukur anak-anak saya mewarisi tabiat mamanya "selera pedas". menurut pantauan saya, mereka jarang sakit. kekebalan tubuhnya lumayan. Kalau anak-anak deman cukup dengan ramuan tradisionil besoknya pasti sudah sembuh.

    Tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi, apalagi orang yang bermasalah dengan lambung. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Secukupnya saja, yang penting kita dapat asupan nutrisinya setiap hari. Bagi yang tidak doyan pedas...boleh deh belajar makan pedas demi manfaat yang luar biasa.

     SELERA PEDASSSS....SIPPP
Sampai jumpa.......

    

Rabu, 01 Maret 2017

Hidup Sehat Ala Nenek Gue

          Pola hidup masa kini, membuat kita semakin lalai akan kesehatan kita. Ada banyak faktor yang membuat seseorang kurang memperhatikan kesehatan. ada yang bilang sibuk, sehingga lebih sering konsumsi makanan fastfood yang belum tentu sehat. Inga inga ting... "Enak belum tentu sehat..sehat belum tentu enak". disinilah kita harus lebih dewasa untuk memilih apa yang terbaik untuk kita. Seperti masakan nenek saya, klu orang belum biasa makan masakan nenek saya..... jauuuh dari kata enak. Tapi menurut pengamatan saya, masakan nenek saya sangat sehat dan alami. saya sangat terinspirasi dengan nenek mengolah masakan.

          Dulu saya gak tau kenapa nenek gk pernah masak pakai minyak goreng, hahahaha....kebayang gk sih, jaman sekarang ini kita masak tanpa minyak goreng? gk bangetttt..tapi itu semua faktor kebiasaan aja kok..lama-lama pasti jadi kebiasaan. Jaman sekarang ini banyak penyakit yang aneh-aneh. kalau kita periksa ke dokter, ada satu pesan dokter, biarpun pesannya kurang detail. begini nih...jaga pola makan ya bu...pak..nek..kek. nah ini dia masalahnya. berarti kunci kesehatan itu terletak pada isi perut kita.

           Sekarang ini, saya lebih sering mempraktekkan cara memasak ala nenek saya. hasilny luar biasa....ada sesuatu yang beda. nenek saya sering masak pindang dan bening sayuran. dilengkapi dengan rempah-rempah alami yang banyak khasiatnya setelah saya browsing. wow..ini rupanya rahasia hidup sehat..sekarang ini banyak suplemen dikonsumsi hanya untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Tapi gak semua orang punya doku untuk menbelinya. dengan cara nenek saya dengan modal kecil kita bisa cantik dan sehat. Kebiasaan nenek saya minum air jahe membuat dia terhindar dari penyakit rematik dan asam urat.....banyak kebiasaan nenek saya yang membuat dia sehat sampai hari tuanya...kenapa gak kita ikutin......tunggu ya tulisan saya berikutnya....